Home » Uncategorized » ANOMALI

ANOMALI

Term “ anomali “ artinya penyimpangan. Term ini telah menjadi bagian dari kehidupan manusia modern kecuali yang tidak. Term ini sekaligus juga menunjukkan betapa mahalnya arti kejujuran di abad ini. Kita sering melihat kenyataan di dalam kehidupan ini bahwa orang bisa menjadi kaya, kuasa dan bisa dalam segala hal karena suka menyimpang (anomali). Ketika anomali ini menjadi satu tradisi hidup manusia, maka yang namanya haram bisa menjadi halal Karena mereka menganut faham everything is okey atau dalam istilah jawa nopo – nopo kemawon kerso. Celakanya perbuatan jelek seperti ini dianggap sebagai hal biasa padahal termasuk perbuatan tidak terpuji alias terkutuk. Perbuatan anomali ini telah banyak menyeret manusia dalam lingkaran setan dan dalam pusaran ini manusia telah menjadi jama’ahnya setan, sehingga tidak menyadari hal tersebut sebagai perbuatan terkutuk, adalah terkutuk juga, karena sama –sama saling menarik untuk masuk dalam jurang kesesatan.

Anomali harus dinyatakan sebagai perbuatan terkutuk dan kita harus melawannya dengan menegakkan kejujuran. Tanpa itu kita akan menjadi pengikut anomali yang dalam tindakan nyatanya mengahalalkan segala cara mencapai tujuan. Karenanya anomali harus menjadi musuh kita bersama (common enemy) supaya bisa punah dalam kehidupan ini. Bila tidak, perbuatan anomaly ini akan terus muncul baik secara kwantitas terlebih secara kwalitas akan menjadi biang memporak porandakan kehidupan kita.

Anomali memang tergolong potensi jujur dalam diri yang seringkali membawa kita pada jalan kesesatan. Tanpa disadari anomali menarik kita dalam putaran dan pusaran satu perjalanan yang merugikan. Bukti yang paling mencolok di kasat mata kita adalah overload para penghuni di lembaga pemasyarakatan yang bergelar sebagai napi (nara pidana). Itu yang ketahuan, tapi yang tidak ketahuan itu juga tidak kalah banyak dengan mereka yang ada di penjara. Itulah kejamnya anomali yang mendegradasikan martabat kemanusiaan kita menjadi serupa tapi tidak sama dengan makhluk melata lainnya. Jalan keluar yang terbaik adalah anomali harus menjadi musuh kita bersama dalam rangka menyelamatkan diri dari tipu dayanya. Perhatikan firman Allah : “ Dan siapakah yang zalim daripada orang yang membuat – buat dusta terhadap Allah ? merka itu dihadapkan kepada tuhan mereka dan para saksi akan berkata : orang – orang inilah yang telah berdusta terhadap tuhan mereka. Ingatlah kutukan Allah (ditimpakan) atas orang – orang yang zalim. (Q.S : Hud : 18) Ayat ini ternyata memberi pelajaran  yang luar biasa kepada kita untuk berlaku jujur, jangan menyimpang (anomali). Karena pilihan atas perbuatan anomali tersebut juga membawa akibat menjadikan kita sebagai orang zalim yang mendapatkan kutukan Allah. Jadi sesungguhnya anomali itu perbuatan terkutuk sekaligus sebagai suatu kezaliman. Semoga kita bisa menghindari diri dari anomali yang terkutuk dan merugikan itu.

Uncategorized

No Comments to “ANOMALI”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*