Home » Uncategorized » STICK AND CARROT

STICK AND CARROT

Stick and carrot (wortel dan pentung) adalah konsep ekonomi yang dibangun oleh Amerika Serikat. Bagi Negara-negara di dunia ini yang menerima konsep tersebut akan di beri penghargaan dan berupa jus wortel, tetapi kalau membangkang juga dipentung karena dianggap meremehkan kebijakan mereka. Pinjaman lunak yang diberikan Amerika dan berbunga itulah implementasi dari kebijakan ekonomi stick dan carrot itu. Bagi Negara yang mau menerima pinjaman lunak suka atau tidak sangat menguntungkan Amerika dan merugikan Negara sendiri karena hutang yang terus berbunga. Bagi yang tidak, maka selamat dan terbebaskan dari hutang yang berbunga tersebut. Tapi ini oleh Amerika dianaggap merugikan, sehingga bukan mustahil akan dipentung nantinya.

Strategi global mereka adalah semua Negara supaya berhutang pada Amerika sehingga menambah ketergantungan pada negaranya. Dengan demikian mereka akan mendikte Negara-negara tersebut menurut apa yang mereka mau, karena ada udang dibalik batu.

Sebenarnya konsep tersebut semua Negara juga bisa membuatnya dan mengimplementasikannya. Tetapi rasanya juga tidak etis alias tidak sopan seperti orang tidak beradab. Disebut demikian karena menolong tetapi ada maunya, dan maunya itu sangat bertentangan dengan rasa kemanusiaan kita. Hemat saya konsep stick and carrot itu adalah strategi untuk membuat jaringan seluas-luasnya untuk memunculkan neo imperealisme (penjajah baru) bagi Negara-negara yang lemah. Dan strategi ini cukup memperoleh kawan-kawannya yang signifikan. Kalau membuat jaringan dengan semua negara didunia itu memang satu keniscayaan karena sudah menjadi kebutuhan global. Tetapi implementasi dari kebutuhan global ini hendaknya dilandasi nilai-nilai moral kemanusiaan. Karena, apapun juga kehebatan strategi termasuk stick and carrot tanpa nilai moral kemanusiaan, maka sesungguhnya merusak wibawa negaranya sendiri dan Negara lain mencibirnya. Kalau sudah seperti itu, maka suka atau tidak suka, Negara tersebut sedang mempunyai musuh sekurang-kurangnya menimbulkan antipati antar sesama Negara.

Sebenarnya ada konsep saling membantu dan membagi keuntungan sesama Negara dalam kebijakan ekonomi tanpa maksud-maksud tertentu seperti memberi pentungan (stick) pada Negara lain yang tidak berpatisipasi mengikuti kebijakan tersebut. Konsep ini sesuai dengan nilai-nilai moral kemanusiaan yang pada akhirnya mendatangkan simpati sesama Negara. Kedepan antar sesama Negara mengembangkan kebijakan ekonomi berbasis profit yang dilandasi oleh nilai-nilai moral kemanusiaan konsep ini diharapkan bisa menekan kebijakan ekonomi stick and carrot tersebut. Sehingga keamana dunia semakin tercipta dan hubungan antar Negara semakin kondusif. Tujuannya adalah menciptakan perdamaian dunia sebagaimana yang diharapkan dalam pembukaan undang-undang dasar 1945. Untuk hal tersebut diperlukan kesadaran bersama untuk saling membagi kebaikan pada sesama Negara tanpa ancaman apapun. Dengan demikian maka keberadaan Negara didunia ini sesungguhnya telah membawa rahmat untuk umat sejagad.

Uncategorized

No Comments to “STICK AND CARROT”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*