Home » Uncategorized » OTENTIK

OTENTIK

images (31)Istilah otentik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online mempunyai beberapa arti diantara “dapat dipercaya, asli, tulen dan sah. Arti-arti tersebut memepunyai hubungan yang sangat erat dengan kehidupan kita sehari-hari. Artinya dalam kehidupan ini kita butuh kepercayaan, keaslian, tulen dan keabsahan. Arti dari istilah otentik tersebut sebenarnya menyapa kita untuk memebangun kepercayaan (trust) dan yang lainnya sebagai bingkai penunjang kehidupan kita yang bermakna. Karena seseorang tanpa memiliki kehidupan yang bermakna, maka secra otomatis akan kehilanagn kemanusiaanya pada sesama.

Pada zaman kontemporer ini ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami percepatan yang luar biasa. Sehingga dalam banyak ahal juga membuat manusia hilang kemanusiaanya. Yang datang kemudian adalah manusia bagaikan serigala pada manusia lain. Maka makna otentik sebagaimana tersebut diatas harus dibangun kembali untuk menemukan jatidiri sebagai manusia yang manusiawi. Dan poros utama adalah bagaimana membangun kepercayaan (trust) itu sendiri. Perhatikanlah kata yang bijak : harimau mati meninggalkan belangnya, gajah mati meninggalkan gadingnya dan manusia mati meninggalkan harga dirinya (kepercayaanya).

Apalah arti kehidupan kita kalau tanpa makna kehidupan yang melekat pada diri seseorang. Bukankah hal tersebut menjadi ancaman untuk kita sendiri dan juga menjadi bahaya bagi orang lain? Maka “dapat dipercaya” (otentik) itulah menjadi kunci jawabannya bahwa dengannya kita dapat meraih berbagai kebaikan dan penghargaan dari orang lain pada kita. Dengan demikian maka keberadaan kita sebagai manusia benar-benar bermanfaat untuk sesama sebagaimanahadist Rasulullaah SAW “Khair al-nas anfau’hum li al-nas” “sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang memberi manfaat terhadap sesama”. Hadist ini memberi petunjuk pada kita bahwa hanya orang-orang yang memberi manfaat terhadap sesama itulah orang yang terbaik tersebut demikian karena esensi kemanusiaan menjadi lebih berfungsi secara optimal untuk memanusiakan orang banyak. Tanpa itu maka selain kehilangan kepercayaan orang pada kita juga membawa dampak turutan berupa permusuhan antara sesama.  Persoalan kemudian yang timbul adalah betapa sulitnya membangun kepercayaan baru antara sesama tersebut dalam rangka membuat perubahan kearah yang lebih baik. Karenaya berbuat otentik sebenarnya membangun kepercayaan (trust) pada publik bahwa kepercayaan itu paling mahal harganya ketimbang harta benda yang kita miliki. Karena sesungguhnya kepercayaan (trust) tersebut sangat erat kaitannya dengan harga diri dan martabat kemanuisaan seseorang dengan demikian maka otentik itu menjadi satu keniscayaan, why not !

 

Uncategorized

No Comments to “OTENTIK”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*