Home » Uncategorized » KETIKA AZAN TIBA

KETIKA AZAN TIBA

images (26)Kata azan dipahami sebagai panggilan untuk sholat, maka umat Islam pun bersegera mengunjungi masjid untuk menunaikan sholat. Dalam pengertian luas azan tidak hanya bermakna memanggil orang sholat saja tetapi juga difahami sebagai panggilan untuk memenuhi hak dan melaksanakan kewajiban. Maka didalam kehidupan kita ini banyak sekali azan-azan yang kita penuhi dengan sikap “sami’na wa atha’na (kami dengar dan kami patuh).

Azan dalam makna seperti ini tidak boleh diabaikan Karena menyangkut persoalan kebutuhan kita baik secara materiel maupun spiritual. Lagi pula azan dalam makna ini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kehidupan kita. Yaitu mendapatkan “Hasanah fiddunya (kebaikan didunia) dan hasanah fil akhirat (kebaikan dihari akhir). Maka ketika azan tiba kita harus menjawab dengan perbuatan baik secara nyata sungguhpun masih banyak diantara kita yang mengabaikannya. Persoalannya bahwa ketika azan tiba itu ada tawaran-tawaran kebaikan dan berkah-berkah baru yang kita peroleh jika memenuhi panggilan itu. Demikian pula bagi mereka yang mengabaikan berarti telah menolak dengan sengaja akan datangnya kebaikan dan berkah-berkah baru tersebut. Ini berarti perlahan tapi pasti tidak mendapatkan kebaikan didunia, apalagi dihari akhir.

Kita harus jujur mengakui bahwa salah satu factor yang menyebabkan kita sukses meraih berbagi keuntungan berikut berkahnya karena kita konsekuwensi mengiyakan panggilan tersebut. Ini membuktikan bahwa didalam azan itu tersimpan potensi-potensi keuntungan yang bakal diperoleh bagi siapa saja yang memenuhi panggilan itu. Hanya saja manusia karena kebodohannya mencoba mengabaikan panggilan tersebut sehingga menjadi orang-orang yang merugi (dunia dan akhirat). Pertanyaannya adalah mengapa manusia enggan merespon panggilan tersebut dan membiarkan panggilan tersebut berlalu begitu saja ? Jawabnya itulah hati yang sedang tertutup dengan kabut-kabut maksiat karena karatan dosa yang terus menebal. Mungkin ini Rasul SAW mangajak manusia untuk memeperbanyak kalimat istighfar (astaghfirullah) satu hari lebih dari seratus kali (100x) agar hati kita selalu jernih/bening merespon panggilan (azan) tersebut sebab, hanya hati yang bening sajalah yang menjawab azan itu dengan perbuatan-perbuatan kebaikan secara nyata. Maka azan bagi seorang guru itu artinya lakukan tugas mengajar dan belajar dengan baik dan tanggung jawab. Azan bagi pengusaha itu artinya lakukan usah dengan baik dan jujur untuk mendapat keuntungan secara halal. Azan bagi penguasa berarti tepatilah sumpah jabatan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara benar. Azan bagi politisi itu artinya jadikan politik itu sebagai kekuatan dan kekuasaan untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat. Azan bagi ulama artinya berilah nasehat / fatwa pada ummat dengan benar, jangan pernah menipu ummat. Azan bagi cendekiawan artinya jadikan ilmu pengetahuan sebagi alat untuk mempercerdaskan masyarakat jangan membodohi mereka. Dan azan bagi kita ssemua artinya lakukan apa yang diperintahkan dan tinggalkan apa yang dilarang oleh agama.

Azan-azan itu semuanya adlah pamggilan untuk kebahagiaan kita sehingga memenuhi panggilan itu menjadi salah satu kemestian. Dan kemestian tersebut harus diwujudkan secara nyata, bukan sekedar wacana. Maka ketika azan-azan itu tiba, bersegeralah memenuhi panggilanNya, yaitu panggilan untuk menerima keberuntungan. Mari kita perhatikan firman Allah “maka pada hari itu seseorang tidak akan dirugikan sedikitpun dan kamu tidak dibalasi, kecuali dengan apa yang telah kamu kerjakan (QS : Yasin :54). Ayat ini memberi petunjuk pada kita bahwa beruntung maupun merugi bergantung sangat bergantung pada apa yang kita kerjakan. Artinya yang membuat kita beruntung hanyalah dengan amal shalih  (karya-karya yang baik) demikian pula sebaliknya. Maka ketika azan tiba jangan pernah berkata dan berbuat yang lain kecuali memenuhi panggilan dengan menghadirkan kebaikan. Itulah orang yang pandai bersyukur dengan tidak suka kufur.

Uncategorized

No Comments to “KETIKA AZAN TIBA”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*