Home » Uncategorized » DEPRESI

DEPRESI

17 December 2014

Atasi-Depresi_mainDepresi adalah penyakit gangguan mental yang memiliki pengaruh besar terhadap hidup seseorang (www.kolomsehat.com). Gangguan mental seperti depresi itu perlu diwaspadai, karena bukan mustahil akan memberikan dampak negative yang fatal buat diri kita. Karena biasanya orang sedang mengalami depresi ini  hilang semangat untuk beraktivitas termasuk semangat untuk hidup. Perbuatan bunuh diri itu salah satu bentuk yang paling sederhana dan nyata dari gangguan mental berupa depresi. Atau dengan pengertian lain karena depresi orang bisa bunuh diri atau membunuh orang lain. Begitulah kejamnya orang yang dihinggapi depresi sehingga tanpa sadar bisa melakukan serangkaian perbuatan destruktif dalam kehidupannya. Diakaui, bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan kemoderanan hidup manusia disamping memberikan kebaikan, tetapi juga menjanjikan kepuasan semu, bahkan juga keputus asaan. Sehingga manusia sepertinya kehilangan pegangan hidup, berada dalam ruangan hampa yang memungkinkan mereka bisa berbuat apa saja dari segala yang tidak baik. Tanpa kendali, manusia pada posisi ini ternyata lebih kejamdaripada makhluk selainnya. Depresi bagaikan syetan gundul yang memporak porandakan kehidupan manusia sehingga menjungkir balikkan derajat kemuliaannya menjadi tidak beradab. Memang begitulah depresi telah menjadi kekuatan perusak hidup manusia tidak beradap dan selalu membawa nestapa untuk manusia.

Menghadapi depresi ini, tetntunya tidak mudah mengobatinya kecuali mereka yang beragama secara benar-benar dalam artian melaksanakan perintah dan menjauhi laranganNya. Terminologi agama seperti sabar, tawakal, syukur, qana’ah, sholat, merupakan obat paling mujarab untuk mengatasi depresi. Sebab, didalamnya terdapat berbagai berkah yang menjadi kekuatan pelindung keselamatan kita.

Secara manusiawi, semua orang bisa mengalami dan merasakan galau, bingung, temperamental, bahkan juga depresi, tetapi itu semuanya tidak boleh diberi tempat permanen pada diri kita. Artinya harus ada kekuatan-kekuatan pengganti seperti optimisme, berjiwa besar, menghargai kemampuan diri, dan mau berfikir positif bahwa itu semua ada hikmahnya. Dengan demikian maka depresi akan sirna karena telah tergantikan dengan kekuatan-kekuatan pengganti sebagaimana tersebut diatas. Adapun bagi kita yang beriman, nilai iman yang ada pada diri kita itu jauh lebih tinggi dan amat berharga sehingga cobaan hidup jangan sampai membuat kita depresi apalagi putus asa. Perhatikan firman Allah :”Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang beriman” QS : Ali Imran : 139) Ayat tersebut menegaskan bahwa derajat orang-orang beriman itu paling tinggi , karenanya jangan terkontaminasi dengan bersifat lemah, bersedih hati apalagi galau, bimbang dan depresi. Disinilah sebabnya kita diperintahkan beriman berikut amal shlaih yang pada gilirannya akan menghalau berbagai gangguan mental dan menumbuhkan spirit hidup dengan berbagai dinamikanya. Dan, ada fakta yang tidak terbantahkan bahwa gangguan-gangguan mental tersebut paling banyak diderita oleh orang-orang yng beriman secara simbolik, bukan mereka yang beriman dan beragama secara sungguh-sungguh atau otentik. Orang bijak pernah berkata : any one who has truly relegioan does not develop a neurosis (barang siapa yang beragama secara sungguh-sungguh tidak akan menderita neurosis, semacam penyakit kejiwaan). Maka beragama atau beriman secara sungguh-sungguh itu, sesungguhnya membuat hidup kita sehat dan terlindung dari bahaya gangguan mental seperti depresi tersebut. Saya percaya bahwa orang berimanyang sungguh-sungguh pasti tidak akan terkena depresi atau dengan pengertian lain depresi dan segala gangguan mental lain tidak kuat menghadapi kekeuatan iman yang sesungguhnya. Mari kita coba untuk mengamalkannya supaya terhindar dari depresi dan para sahabatnya.

Uncategorized

No Comments to “DEPRESI”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*