Home » Uncategorized » AL – KHASIRUN

AL – KHASIRUN

24 December 2014

apakah-kita-merugiAl-Khasirun diartikan sebagai orang yang merugi, yaitu orang-orang yang karena perbuatan-perbuatannya yang menyimpang dari ketentuan agama yang membuat menderita kerugian alias tidak beruntung. Merugi yang satu ini bukan sekedar materi, tetapi non materi, dan inilah kerugian yang paling besar atau fatal dalam kehidupan kita. Al-Qur’an mengidentifikasi soal orang-orang merugi tersebut disebabkan karena beberpa hal, yaitu : menyia-nyiakan waktu untuk kebaikan, tidak beriman dan beramal shalih, tidak saling nasehat-menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. Hal-hal tersebut sesuai dengan firmanNya “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang beriman dan mengerjakan amal shalih dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran (QS : Al A’sr 1-3).

Petunjuk ayat tersebut sudah jelas, tegas untuk kita, tinggal mau atau tidak melaksanakannya. Bagi kita yang mau melaksnakan petunjuk ayat tersebut sudah tentu menjadi orang-orang yang beruntung (Al-muflihun), sedangkan bagi mereka yang tidak, sudah pasti menjadi orang-orang yang merugi (Al-khasirun). Persoalan yang timbul kemudian adalah bagaimana orang-orang yang beriman seperti kita ini tidak mau melaksakan petunjuk tersebut. Artinya banyak diantara kita sebagai  orang-orang beriman tetapi menyia-nyiakan wkatu untuk kebaikan, dan tidak mau melakukan amal shalih dan saling menasehati dalam kebenaran / kesabaran. Jawaban pastinya adalah tetap sebagai orang-orang yang merugi., karena persyaratan dalam ayat tersebut diatas merupakan persyaratan komulatif, satu dengan yang lain saling mempengaruhi / menentukan. Terhadap petunjuk ayat tersebut nabi SAW pernah memperingatkan sebagaimana dalam sabda beliau : ”Dunia itu bagaikan laut yang dalam, sungguh banyak manusia yang tenggelam didalamnya. Maka jadikanlah hidupmu sebagai bahtera yang didalamnya bermuatan taqwa, anda pasti beruntung“. Pesan moral dalam hadist tersebut sesungguhnya meneguhkan hati kita untuk menjadikan hidup ini sebagai upaya untuk memeperoleh keuntungan / kemenangan. Sebab hidup didunia ini hanya sekali terjadi, tidak akan lagi ada kehidupan ini, kecuali hidup sudah mati. Maka kita harus mempertaruhkan segalanya untuk meraih kemenangan sesuai dengan ketentuan agama. Tanpa itu, segala kekayaan materi dan atribut sosial yang melekat kepada kita seperti uang banyak, mobil mewah, rumah superluks, jabatan, itu semua hanya mempertinggi tempat jatuh kita dalam jurang kebinasaan alias sebagai orang-orang yang merugi (Al-khasirun). Kalau sudah seperti itu lantas apalah artinya kita mempertaruhkan hidup ini untuk mendapatkan kemewahan tapi pada akhirnya menjadi orang yang merugi ?

Memang dunia yang kita huni ini dengan segala dinamikanya ini sedang menarik bahkan merayu kita untuk menjadikan hidup ini hanya semata mengumpulkan materi, menikmati kesenangan dan kebebasan tanpa batas. Sehingga suka atau tidak rayuan tersebut telah melibatkan banyak orang menjadi pengikut kapitalisme global. Ujung dari itu semuanya adalah memperbanyak bilangan orang-orang merugi ketimbang menjadi manusia-manusia beruntung. Oleh karenanya, mewaspadai kapitalisme, hedonisme dan liberalism global yang menjadi hal yang sangat penting bagi kita semuanya untuk mempertahankan diri kita sebagai pemenang. Caranya sederhana sekali , yaitu ikuti dan lakasnakan petunjuk ayat tersebut diatas dengan konsekwen, kita menjadi pemenang dan terhindar dari segala hal-hal yang pasti merugikan. Munginkah itu ? Semuanya terserah kita, yang jelas orang bisa menjawab : may be yes or may be no. Bagi yang menjawab may be yes itulah orang-orang yang beruntung, tetapi bagi mereka yang mengatakan may be no maka itulah orang-orang yang merugi (Al-khasirun). Bagi kita yang beriman jangan pernah mau berfikir apalagi berbuat untuk mendulang kerugian. Karena iman dan amal shaleh itu sesuatu yang sangat mahal harganya dan tidak bisa ditebus dengan materi berpapun.

Uncategorized

No Comments to “AL – KHASIRUN”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*