Home » Artikel » KHADIM AL UMMAH

KHADIM AL UMMAH

3 November 2014

images (18)Khadim Al-Ummah artinya “pelayanan ummat” Istilah ini lebih dekat dengan mereka yang menjabat sebagai pemimpin publik. Katakanlah mulai kepala Negara, pejabat-pejabat dibawahnya, juga termasuk pemimpin informal yang memiliki kekuasaan untuk kepentingan ummat. Maka pemimpin itu sesungguhnya adalah pelayanan ummat yang oleh mereka (para pemimpin) umat dapat memperoleh hak-hak berupa perlindungan kesejahteraan dan lain-lain dimana umat membutuhkannya. Dengan demikian sepanjang kita menjadi pemimpin, maka tugas kita adalah melayani umat sebaik-baiknya agar mereka (umat) dapat memperoleh kemaslahatan (kebaikan/perbaikan) hidup.

Tentang Khadim Al-Ummah ini banyak pemimpin yang slah paham atau disengaja untuk menjaga prestise. Sehingga mereka bukannya melayani umat,  malah dilayani umat, dan anehnya para pemimpin tersebut bangga dan tidak bersalah. Pemimpin seperti ini telah sengaja mengabaikan amanah umat, atau dengan kata lain pemimpin yang berkhianat terhadap umatnya, Biasanya pemimpin-pemimpin ini kerjanya bagaimana mengeksploitasi kekuatan, kemampuan umat untuk kepentinagan diri mereka. Mereka seperti benalu yang mematikan pohon bersama batang, ranting dan daun-daunya. Mereka seperti meremehkan tugas dan tanggung jawab dan pertanggungan jawaban di hadapan Yang Maha Kuasa, pada hal tersebut pasti terjadi. Mereka sebenarnya bukan pemimpin yang baik dan benar di hadapan umat dan di mata Allah SWT. Sehingga apapun yang mereka lakukan selalu saja ada motif-motif politik, ekonomi dan hegemoni kekuasaan , bukan semata karena Allah, menjalani amanat yang ada di pundak mereka. Mempunyai pemimmpin seperti mereka ini, maka umat harus sipa gigit jari menyesali nasib, bahkan siap menjadi tumbal dalam kepemimpinan mereka. Lantas kapan umat bisa sejahtera, adil, makmur dibawah naungan Ridha Ilahi ? Jawabannya itu hanya bisa kita peroleh dan merasakan pada pemimpin sebagai Khadim Al-ummah. Mereka ini pemimpin yang sebenarnya karena telah melenyapkan egoisme pribadi untuk berempati [pada umat. Pikiran dan perasaan mereka selalu terfokus pada upaya memeberikan kebaikan pada umat  tanpa pamrih kecuali ingin menggapai Ridha Allah semata. Maka pemimpin sebagai Khadim Al-Ummah adalah sesuatu yang mulia di hadapan Allah SWT dan dimata ummat. Disebut demikian karena melaksanakan amanah amanah umat dengan baik, dan ummat pun merasakan kebaikan dari sang pemimpin tersebut. Mempunyai pemimpin seperti mereka ini boleh dibilang termasuk manusia langka atau nyaris punah ditelan waktu. Kita tidak tahu kapan mereka datang bersama kita untuk membagi misi kemanusiaan terhadap ummat, atau mereka terus punah?

Kita memang mempunyai banyak pemimmpin kata bukan pemimpin perbuatan, banyak pemimpin wacana bukan pemimpin fakta. Tandanya mereka hanya bisa mengumbar janji, dan menginggkari janji dengan berbagai alasan yang masuk akal sebagai pembenaran. Ironisnya mereka ini terus terpakai dan laku keras dipasaran public walaupun dengan menyogok, menyuap, dan berbagai gratisifikasi lainnya. Hal tersebut inilah semakin memperparah kehidupan umat , sementara mereka terus berdendang ria, menari diatas penderitaan umat. Mereka sepertinya tidak merasakan penderitaan umat, atau menggunakan metode lain EGP (Emang Gue Pikirin?). Memang metode ini sering digunakan orang-orang dablek untuk membesarkan hati, tetapi akan sangat berbahaya kalau juga digunakan oleh pemimpin-pemimpin kita.

Khadim Al-Ummah itulah watak dan kepribadian sang pemimpin yang sebenarnya, sehingga tidak hanya mendapatkan kemuliaan dari umat saja , tetapi juga kemuliaan dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Ingat, pemimpin dalam istilah agama selain ulil amri, Imam juga Ra’in yang artinya penggembala. Maka peminpmpin sebagai Ra’ain harus melayani umat menyediakan sandang, pangan, papan dan perlindungan untuk umat. Nabi Muhammmad SAW pernah bersabda : “Kullukum ra’in wakullu Ra’in mas’ulunan rai’yytihi” tiap-tiap kamu adalah pemimpin, dan tiap-tiap pemimpin akan dimintai pertanggungan jawaban. Dan untuk meringankan  tanggung jawab pemimpin, maka pemimpin sebagai Khadim Al-ummah itulah jawaban untuk memperoleh penghargaan disisi  Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga semua pemimpin kita dianugrahi semua petunjuk dan Karunia Allah untuk menjadikan diri mereka sebagai pemimpin yang Khadim Al-Ummah dan kita sebagai umat siapapun kita juga sebagai pemimmpin. Maka jadikan diri kita semuanya sebagai pemimpin yang Khadim Al-Ummah.

Artikel

No Comments to “KHADIM AL UMMAH”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*