Home » Uncategorized » SELF DIFENCE

SELF DIFENCE

21 October 2014

images (15)Self difence yang diartikan ”pertahanan diri” adalah satu kekuatan internal dalam diri manusia yang mempunyai manfaat untuk pengembangan diri / kepribadian seseorang. Atau dengan self difence kita bisa menolak sesuatu ajaran atau faham, bahkan pengaruh negatif yang hendak mencelakakan kita. Begitu pentingnya mempertahankan diri itu sehingga banyak kalangan terutama para pakar ilmu jiwa menganggapnya sebagai benteng penjaga peradaban manusia. Artinya seseorang  akan menjadi beradab bila ia memiliki self difence yang kuat didalam dirinya.

Self difence ini adalah satu perasaan yang secara idealitas untuk menolak yang bathil dan menerima yang hak, atau menerima yang ma’ruf dan menolak yang munkar. Perasaan yang bersifat abstrak ini bisa berupa iman atau keyakinan yang selalu berpihak pada yang benar dari yang salah. Oleh karena seseorang yang beragama kemudian beriman secara benar-benar maka pastilah dia memperoleh keselamatan dunia-akhirat, demikian sebaliknya, maka self difence mempunyai fungsi penting bagi keselamatan manusia dalam urusan vertikal maupun horisontal.

Terhadap self difence ini ada kisah singkat yang menarik untuk dikaji kedalaman maknanya. Yaitu seorang pencuri yang membatalkan niat untuk mencuri dana jum’atan di masjid setelah mendengar  khutbah. Kisahnya begini, pencuri ini sudah melakukan riset sederhana mendengar pengumuman dana kaleng oleh Takmir disetiap masjid, maka dia mendengar bahwa ada satu masjid berhasil mengumpulkan dana kaleng jum’atan sampai puluhan juta rupiah, maka keesokan harinya dia bergegas menuju masjid itu dengan pakaian bagaikan Ustadz yang hendak khutbah. Dia mengambil shaf yang paling depan dan melakukan shalat sunnah dan zikir sebagaimana jamaah lainnya, bahkan ada jamaah yang memanggil sebagai Ustadz. Niat mencuri sudah bulat, berbagai strategi sudah disiapkan mulai plan A, B dan C juga sudah dirancang secara matang. Intinya dia datang di masjid hanya untuk mencuri uang masjid bukan untuk shalat yang sesungguhnya. Waktu jum’atan tiba, Ustadz mulai naik mimbar untuk berkhutbah, dan tatapan mata pencuri ini  seperti  sangat konsen pada materi khutbah yang disampaikan Ustadz. Rupanya isi khutbah memuji-muji orang bersalah yangt bertaubat itu menyentuh nurani pencuri tersebut sehingga muncul self difence membatalkan niatnya untuk mencuri. Sesampainya di rumah dia duduk diruang tamu dalam rumahnya sambil memegang kepala. Sang istri yang sudah terbiasa menerima uang curian itu sontak bertanya ada apa gerangan hari ini tidak begitu ceria? Sang pencuripun menjawab dengan jujur bahwa dia membatalkan dirinya untuk mencuri uang masjid karena merasa tersentuh jiwanya nasehat khatib, maka istrinya tersontak marah dan mengeluarkan kata-kata kasar pada suaminya. Suaminya dengan suara datar mengatakan pada istrinya: lebih baik menjadi bekas bajingan daripada bekas Ustadz.

Kisah singkat ini juga bisa menjadi inspirasi pencuri kelas kakap alias tikus yang berdasi yang suka mencuri uang rakyat / Negara. Bahwa meskipun ada niat mencuri uang Negara, membatalkan niat untuk mencuri itu lebih baik dan lebih terhormat. Karena berapapun besar dosa seseorang  selagi ada taubat, maka Yang Maha Kuasapun akan mengampuninya, karena sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Perhatikan firman Allah : “Iblis berkata: Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa akau sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di bumi dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya. Kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis diantara mereka”. (QS. Al-Hijr: 40-41). Diayat tersebut Iblis mengakui bahwa hanya mukhlis, yaitu orang-orang yang diberi taufik untuk mentaati segala petunjuk dan perintah Allah swt, demikian komentar para ahli dalam Al-Qur’an dan terjemahannya. Dan orang-orang Ikhlas (mukhlis) itu pasti memiliki self difence karena kepatuhan mereka terhadap petunjuk agama. Maka dengan beragama yang baik  sesungguhnya kita pasti memiliki self difence yang kuat / baik untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, yang hak maupun yang bathil. Itulah pentingnya kita perlu memiliki self difence

Uncategorized

No Comments to “SELF DIFENCE”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*