Home » Uncategorized » REVOLUSI MENTAL

REVOLUSI MENTAL

21 October 2014

unduhan (6)Presiden Joko Widodo telah membuat pernyataan spektakulernya terhadap masalah bangsa ini dengan gagasan substansif dan monumental yaitu “Revolusi Mental”. Tentu gagasan dinilai oleh banyak kalangan sebagai terobosan awal kepemimpinannya sebagai nahkoda bangsa sehingga kita berharap bisa menjadi kenyataan. Saya mencermati bahwa gagasan subtansif ini bisa terbukti , maka disilah Indonesia Hebat. Akan tetapi kalau sekedar wacana tanpa bukti , maka Indonesia akan terpuruk. Betapa tidak ? Bahwa Indonesia dulu dikenal dengan negeri sepotong Sorga di garis katulistiwa , sekarang sedang berproses menjadi sepotong neraka didunia. Disebut demikian, karena kerusakan yang terjadi dinegeri ini nyaris sempurna. Dan paling menyakitkan dan membahayakan adalah kerusakan struktural, bukan kultural dan ini dilakukan oleh para elit pemimpin kita di negeri ini.

Revolusi mental harus difahami sebagai satu gerakan cepat, tepat dan simultan dari kekuatan/kekuasaan besar untuk memindahkan bangsa yang terpuruk menjadi bermartabat. Sehingga sejatinya revolusi ini menciptakan negeri yang jahili menjadi bangsa madani (berdab) dengan menghasilkan “Khaira Ummah (umat yang unggul) dalam bidang iptek dan anggun dalam bidang imtak (iman dan taqwa). Kendatipun ini bukan pekerjaan yang sederhana, namun harus kita lakukan untuk mengamputasi virus berbahaya yang sedang menular di negeri ini , yaitu krisis mental (moral crisis). Virus berbahaya ini tidak boleh dibiarkan karena terus mengancam anak negeri ini, maka revolusi mental itulah jalan keluarnya. Kita berharap dengan revolusi itu melahirkan pemimpin-pemimpin yang jujur, bersih dan berani mengambil resiko untuk menegakkan martabat bangasa yang sedang terpuruk ini. Masalahnya adalah dari mana kita memulai revolusi ini ? Hemat saya, harus dimulai secara struktural pada elit pemimpin kita. Mereka (para elit pemimmpin) harus menampilkan pribadi teladan dan prilaku terpuji untuk publik jangan ada lagi sepertikalimat sebait lagu “kau yang mulai kau yang mengakhiri, kau yang berjanji kau yang mengingkari begini jadinya…”. Para elit pimpinan kita jangan berlagak pelon melihat kenyataan yang terjadi di negeri ini. Mereka harus peka dan berempati untuk menciptakan iklim kehidupan berbangsa yang kondusif. Bila tidak, maka keadaan negeri ini akan terus terpuruk ibarat tragedi “si buta dari gua hantu yang siap memangsa siapa saja tanpa ampun sedikit pun. Sehingga yang terjadi kemudian adalah Indonesia kiamat, dan Indonesia hebat hanya sekedar isapan jempol belaka bagaikan katak merindukan bulan. Dan kalau bulan bisa ngomong maka bulan akan berkata “dinegeri banyak orang pinter, kuat dan kuasa tapi tidak beradab” maka kalau saja koalisi Merah-Putih bisa bersinergi dengan Koalisi Indonesia Hebat pasti melahirkan Indonesia yang lebih hebat lagi ?

Presiden Joko Widodo memang belum memiliki pengalaman yang cukup memimpin Negara ini, ditambah lagi perawakanya lebih langsing , orang bisa menganggapnya remeh. Tetapi siapa tahu dibalik itu tersimpan kekuatan besar melakukan perubahan melalui revolusi mental ini. Matan Presiden Iran Ahmadinejad jauh lebih kurus ketimbang presiden kita sekarang, tetapi ketegasannya memimpin negeri para Mullah itu tidak ada duanya didunia untuk melawan hegemoni kekuasan barat , dan semoga presiden Joko Widodo bisa terinspirasi kepemimpinan Ahmadinejad memmpin negeri orang-ornag beragama di Indonesia ini. Akhirnya kepada Pak Presiden penggas wacana “Revolusi Mental” saya harap bisa membaca, memahami dan menyadari salah satu petunjuk dalam Al-Qur’an : “Hai orang-orang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat ? Amat besar kebencian disisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan (QS : Ash Shaff :2-3). Subhanallah betapa kita mendapat perhatian yang luar biasa dari Yang Maha Kuasa melalui peringatan ayat tersebut . Semoga Pak Joko Widodo bersama rakyat Indonesia bangkit bersama, kompak dan komitment melakukan tugas bangsa yang mulia melaui gerakan revolusi mental ini. Selamat berjuang Presidenku , sukses selalu mengentas amanat penderitaan rakyat menuju Indonesia Hebat. Kami menunggu dan akan menagih janjimu.

 

Uncategorized

No Comments to “REVOLUSI MENTAL”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*