Home » Artikel » WHAT HAPPEN

WHAT HAPPEN

download (9)What happen, apa yang terjadi adalah kalimat respon setiap kejadian atau peristiwa dalam kehidupan manusia. Tentu kalimat respon tersebut ada yang datar, ada pula yang bergelombang bahkan ada juga yang meninggi tergantung respon kita masing-masing. Yang paling berbahaya adalah mempertanyakan peristiwa yang sudah nyata-nyata telah terjadi dan responnya dengan nada putus asa atau mencari kambing hitam pada orang lain. Ini bukan berarti kita tidak boleh mempertanyakan suatu kejadian, tetapi bertanyalah dengan tingkat kecerdasan tinggi dengan nada datar untuk mengetahui duduk persoalan berikut langkah solusinya. Mengapa demikian? Karena persoalan tersebut sudah bukan ranah kita lagi, tetapi masuk pada wilayah “takdir”. Disilah takdir, berbeda dengan “Nasib”. Kalau takdir, tahu sesudah terjadi dan tidak dapat dirubah, sedang nasib belum terjadi dan masih bisa berubah sesuai dengan usaha dan doa  kita yang sungguh-sungguh. Pada wilayah takdir kita harus tawakal, sedang pada ranah nasib kita harus berusaha dan tawakal. Sehingga what happen itu sesungguhnya memiliki muatan spiritual untuk menyadari setiap peristiwa yang telah terjadi dengan bertawakal pada Sang Pencipta kejadian itu.

Ini penting untuk menghindari spekulasi murahan yang menimbulkan fitnah, tudingan hasad dan dengki pada sesama yang ujung-ujungnya merusak tatanan hidup bermasyarakat. Lagi-lagi hal tersebut jangan difahami bahwa kita tidak boleh bertanya apa yang terjadi, tapi bertanyalah untuk mendapatkan pelajaran demi kebaikan di depannya, bukan mempersoalkan substansi dari kejadian tersebut. Misalnya kita menemukan kejadian tabrak dan mati, maka kita hanya punya hak bertanya mengapa terjadi tabrakan, bukan bertanya mereka mati. Maka jawabnya adalah terlalu ngebut, tidak bisa mengendalikan kendaraan, atau ngantuk dan lain sebagainya. Sehingga solusi kedepan adalah pelajaran bagi pengendara dan masyarakat pengguna jalan jangan ngebut, jangan ngantuk harus bisa mengendalikan kendaraan dan lain sebagainya. Tetapi kalau kita bertanya kenapa mereka mati? buktinya sudah mati tidak mungkin hidup lagi, paling-paling menjadi pelajaran buat orang yang masih hidup. Polisi pun tidak menanyakan mengapa mereka mati, yang ditanyakan adalah proses teknis yang menyebabkan tabrakan yang menyebabkan kematian itu. Ini satu contoh kecil saja dalam dunia lalu lintas, masih banyak contoh lain dalam persoalan politik, ekonomi, sosial budaya dan lain sebagainya.

Semua ini memerlukan tingkat kecerdasan yang tinggi untuk membahasakan what happen itu. Sebab akan timbul masalah baru yang bisa membuat persoalannya menjadi sangat runyam karena bias negatifnya, kalau tidak pandai membahasakan itu. Bahwa orang berbeda merespon bahasa itu adalah hak mereka, tetapi membahasakannya itu harus memiliki pesan moral dibaliknya sehingga dapat meredam persoalan yang akan muncul kemudian. Maka what happen itu harus sarat makna sebagai pesan moral untuk kebaikan bersama yang pada gilirannya nanti akan menciptakan keadaan yang lebih baik lagi. Jadi what happen itu ada muatan keadilan sehingga tidak menimpakan bencana pada orang lain yang menambah daftar panjang penderitaan terhadap sesama. Untuk kalau kita mengatakan what happen maka harus diberi makna sekedar kaget atas peristiwa yang terjadi, kemudian merenung mengambil hikmah serta pelajaran dan kembalikan itu semuanya kepada Yang Maha Kuasa. Perhatikan firman Allah : “Yaitu orang-orang yang apabila ditimpa, mereka mengucapkan : inna lillahi wa inna ilaihi roji’un (sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali). Mereka itulah yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapatkan pertunjuk (QS. Al-Baqarah : 156-157)”. Fahami benar-benar kedalaman makna dan petunjuk dalam ayat tersebut, kemudian amalkan petunjuknya dalam kehidupan sehari-hari. Maka yang datang kemudian adalah keberkahan yang sempurna, rahmat dan petunjuk-Nya.

Artikel , , , , ,

No Comments to “WHAT HAPPEN”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*