Home » Artikel » SPIN OFF

SPIN OFF

unduhan (1)aIstilah spin off artinya pemisahan karena pernah menyatu atau bergabung dengan sesuatu objek. Istilah tersebut lebih terkenal dan lazim dipakai dalam ekonomi, khususnya ekonomi perbankan, walaupun bukan hanya dan untuk perbankan saja. Dalam kenyataannya istilah ini bisa dipakai pada wilayah yang lebih luas dalam kehidupan manusia dengan berbagai dinamikanya yang begitu kompleks dan beragam. Misalnya : bergabungnya antara ruh dan jasad manusia lalu terjadi apa yang disebut dengan kehidupan manusia. Kemudian juga ada pemisahan/perpisahan antara jasad manusia dengan ruhnya lalu terjadi kematian. Awalnya alam ciptaan Tuhan hanya satu, lalu terjadi ledakan dahsyat (bigbang) maka terjadi pemisahan sehingga orang mengenal langit dan bumi. Dahulunya orang pernah bergabung dalam sebuah perkumpulan (organisasi) yang solid, tetapi karena masing-masing orang mempunyai kepentingan tertanam (vested interst) yang berbeda, maka mereka ingin melepaskan diri dari induk organisasinya. Membuat organisasi sendiri atau bergabung dengan organisasi orang lain, atau juga tidak mau berorganisasi lagi. Dulu orang pernah hidup terbelakang karena bergabung dengan lingkungan atau kekuatan lain yang membuatnya dia maju. Setelah bergabung dengan kekuatan-kekuatan tersebut maka menjadi maju dan modern. Dia pasti kembali menjadi terbelakang lagi kalau terjadi pemisahan kekuatan-kekuatan tersebut pada dirinya. Alhasil kehidupan ini selalu terjadi dua gerakan besar dengan pengaruhnya masing-masing yaitu : “pertemuan” dan “perpisahan”. Kedua gerakan besar ini ternyata membawa dampak yang signifikan bagi perjalanan kehidupan manusia pisitif maupun negatifnya. Terhadap hal yang positif pasti memberikan kebaikan / kebahagiaan pada manusia, tetapi dampak negatif yang ditimbulkan pasti pula membuat manusia menjadi susah / menderita. Begitulah hukum sebab akibat selalu mengitari kehidupan manusia, sehingga manusia mengalami nasib pasang-surut dalam kehidupannya. Bahkan terhadap hal-hal yang tidak baik orang selalu menyesal dan berkata : bukan perpisahan yang ku tangisi, tetapi pertemuan yang ku sesali.

Persoalan mendasar adalah maukah kita menerima itu semuanya bila sudah terjadi pada diri kita? Disinilah “kejujuran” menjadi panglima kehidupan untuk menjawab itu semuanya dan meletakkannya pada porsi yang sesuai dan terukur, walaupun respon manusia bisa beragam. Bukan mustahil ada orang yanag menerima peristiwa atau kejadian tersebut dengan ikhlas dan ridha seraya mengambil hikmah dan pelajarannya. Tetapi juga ada orang yang tidak rela menerima peristiwa atau kejadian tersebut bahkan mengkambinghitamkan orang lain. Sehingga menambah dosa dan permusuhan pada sesama. Yang paling mengerikan adalah manusia menjadi tidak sabar, putus asa lalu bunuh diri setelah merasakan akibat yang menyakitkan dengan berbagai penderitaan baru yang mereka rasakan.

Sebagai orang beragama, tentunya kita harus sadar bahwa apa yang terjadi itu tidak hanya karena kita sendiri, melainkan ada campur tangan kekuatan-kekuatan lain di luar diri kita. Maka tugas kita adalah menyadari itu semuanya dan segera melakukan perhitungan secara jujur atas apa yang pernah kita lakukan dalam kehidupan tersebut berdampak pada kehidupan kita sendiri. Dalam hal seperti ini tidak ada obat yang paling mujarab kecuali “ridha” menerimanya, sebagaimana sabda Rasulullah SAW “Wardha bima qasamallahu laka, takun agnannas”ridha terhadap apa yang diberikan Allah niscaya anda menjadi orang paling kaya. Kita bisa membayangkan betapa ridha itu mempunyai energi positif dan dahsyat pengaruhnya untuk menghidupkan kemanusiaan kita yang telah mati, membuat kita senyum menikmati penderitaan dikala duka, dan bersyukur di kala suka. Itulah kekayaan hati yang teramat mahal yang tidak bisa tertebus dengan apapun dan berapapun. Maka spin off harus dihargai dan dilihat dari segi positifnya, dan jangan melihat dari sisi negatifnya, kalau kita ingin bangkit dan maju kembali membuat masa depan kita lebih baik dari hari-hari sebelumnya. Semoga kita bisa melakukannya : “Ya Tuhan kami, janganlah engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesuadh Engakau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah pada kami rahmat dari sisi Engkau, karena Engkaulah Maha Pemberi (karunia) (QS. Ali Imran : 8).

Artikel

No Comments to “SPIN OFF”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*