Home » Artikel » SELF REGULATION

SELF REGULATION

images (19)Self regulation lazimnya diterjemahkan sebagai “mengatur diri sendiri” Artinya setiap orang harus bisa menjadi polisi untuk dirinya sendiri dengan mentaati sejumlah peraturan yang mengatur dirinya. Dan dalam banyak hal kita memiliki peraturan-peraturan tersebut pada diri kita baik yang datang dari diri sendiri maupun dari luar. Dalam diri sendiri sebenarnya regulasi yang bisa diterapkan untuk menjaga diri dari berbagai hal yang mengganggunya, atau juga regulasi yang menyangkut pertumbuhan dari pengembangan diri. Misalnya nasihat orang bijak : Jika anda ingin sehat maka, makan yang bergizi  istirahat yang cukup, olah raga yang teratur dan jangan berfikir berat. Ketika anda ingin hidup sehat, maka ikutilah cara-cara hidup orang sakit, dan kalau anda sakit, maka ikutilah nasehat dokter dan lain-lain sebagainya. Sedangkan regulasi yang datang dari luar itu berupa petunjuk –petunjuk agama yang memuat berbagai peraturan untuk mengatur diri kita. Misalnya : makan yang halal dan baik, jangan berlebihan, bersifat qona’ah, jangan rakus, mensyukuri nikmat, menikamati ujian , jangan sombong rendah hati, jangan dusta, bhakti kepada orang tua, mengabdi kepada Yang Maha Kuasa, sabar sholat dan do’a. Serta masih banyak lagi regulasi yang berkenaan dengan hidup kita, termasuk berbuat baik pada sesama. Regulasi-regulasi seperti ini tentunya mempunyai makna dan manfaat sekaligus juga ada dampak negatifnya kalau tidak diataati. Makna regulasi-regulasi ini harus dipahami sebagai bentuk proteksi diri secra dini agar tetap terjaga dari segala sesuatu yang merusaknya. Adapun manfaat regulasi-regulasi seperti ini juga tidak diragukan lagi, yaitu untuk menumbuh kembangkan potensi diri menjadi sosok manusia yang berguna bagi diri dan sesama kalau kita mentaati regulasi – regulasi tersebut. Akan tetapi kalau kita mengabaikannya, maka yang muncul kemudian adalah dampak negatif yang membahayakan bagi diri sendiri maupun terhadap sesama.

Persoalan yang cukup pelik adalah maukah kita mentaati semua regulasi yang berkaitan dengan pengaturan diri sendiri ? atau mengabaikannya ? Hemat saya, kita harus mentaati semua regulasi tersebut karena sangat bermanfaat bagi pertumbuhun dan pengembangan diri. Tetapi boleh jadi ada yang tidak mau mentaatinya dengan alasan dan atas nama kebebasan , lalu pertanyaan yang segera menyusulnya adalah adakah kebebasan manusia tanpa batas? Maka yang namanya melampaui batas itulah membuat manusia atau diri ini menjadi tersiksa dengan merasakan berbagai akibat dari bebas tanpa batas tersebut. Disinilah kepatuhan tulus atas semua regulasi yang berkenaan dengan diri sendiri menjadi sangat penting untuk kita semua. Dan seandainya saja masing-masing diri memiliki kepatuhan tulus tersebut selain dirinya selamat, aman, juga masyarakat akan merasakan keselamatan dan keamanan. Hal ini berarti diri sendiri telah banyak memberi kontribusi kebaikan pada sesama yang pada akhirnya menciptakan perdamaian yang disebut dengan : gemah ripah loh jinawi, toto tentrem kerto raharjo atau baldah al thaiyyib wa rabb al-Gafur.

Oleh karena itu kejujuran merespon semua regulasi yang berkenaan diri kita sangat diperlukan untuk membangun diri yang lebih baik . Tanpa itu maka diri sendiri kan merasakan berbagai penderitaan yang tidak berkesudahan dalam hidup ini hingga ajal menjemputnya. Maka memahami secara mendalam, merenung secara sadar dan memberikan jawaban positif terhadap satu pertanyaan Yang Maha Kuasa didalam Al-qur’an :” Mengapa kamu suruh orang lain berbuat kebajikan, sedang kamu melupakan dirimu sendiri padahal kamu membaca al-kitab, maka tidakah kamu berfikir ? (QS Al-baqarah : 44). Begitu dalam makna pertanyaan ini, dan kalau kita bisa menjawabnya dengan jujur bahwa kita menyuruh orang lain berbuat kebajikan tanpa kita melupakan kebajikan itu untuk diri sendiri , maka kita yang paling merasakan kebahagiaan didalam hidup ini. Semoga kita bisa dan mari kita belajar menjawab pertanyaan tersebut dengan menghadirkan kebaikan untuk diri sendiri maupun terhadap sesama.

Artikel , , , , , ,

No Comments to “SELF REGULATION”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*