Home » Artikel » NEGERI BERJUTA UMAT, ZIKIR DAN DO’A

NEGERI BERJUTA UMAT, ZIKIR DAN DO’A

17 February 2014

images (8)Taukah kita, bahwa didunia ini ada negeri berjuta umat, dzikir dan do’a? Itulah al Balad al Amin (Mekah) dan Madinah al Munawarah. Di dua negeri ini ( Mesjid al Haram-Mesjid Nabawi) bertaburan segala rahmat dan berkah Allah untuk umat Islam yang mengunjunginya. Haji  dan umrah telah menjadi rihlah Ibadah( perjalanan ibadah) yang menjanjikan. Di mesjid al haram sebagai tempat ibadah dan prosesi haji/umroh telah memberikan kesempatan buat umat Islam untuk berdzikir dan  berdo’a sesuai kebutuhan dan kepentingan masing-masing. Demikian pula di mesjid Nabawi dengan maqnit makam Rasul menghentakkan  kita untuk kusyuk bersalawat dzikir dan do’a  yang penuh dengan linangan air mata, diatas desakan jutaan umat. Umat Islam berbondong- bondong  mendatangi  negeri untuk menenangkan mata hati dengan dzikir dan do’a tanpa ada yang merasa lelah kendatipun dalam kepungan lautan manusia.

Subhanallah, kedua negeri itu tidak pernah sepi dari jutaan umat Islam dan tidak pernah sepi dari dzikir dan do’a dengan hujan air mata pengakuan , kesadaran dan harapan. Ternyata ibadah haji dan umrah mempunyai daya tarik spritual yang luar biasa kepada umat yang mengunjunginya. Rasanya tidak ada perjalanan paling istimewa dalam prospektif ritual kecuali di dua negeri ini. Dan fakta membuktikan bahwa mesjid Al haram Mekkah dan mesjid Nabawi Madina tidak pernah pernah sepi dari para peziarah . Sebenarnya inilah yang disebut dengan keajaiban dunia dan harus diakui sebagai satu-satunya keajaiban. Apa yang disebut dengan tujuh keajaiban dunia itusebetulnya bukan keajaiban  melainkan biasa-biasa saja. Para pengunjung  tidak mendapatkan kepuasan batin kecuali merasa bangga sebagai pelancong. Berbeda dengan kedua negeri itu, mereka tidak disebut sebagai visitor (pelancong) tetapi disebut sebagi dhuyuf  al Rahman (tamu-tamu Allah) yang sedia mendapat ampunan dan kasih sayang.Allah Swt. Di dua mesjid tersebut  para tamu-tamu Allah  berdialog do’a dzikir  dan do’a mereka kepada  Yang maha Kuasa, mereka mengadu dan mengharap ampunan dan kasih sayang Allah dari lubuk hati yang ter dalam. Maka Allah Swt pun menyediakan ampunanNya Rahmat dan berkahNya. Sungguh  ini semuanya merupakan peristiwa ajaib , luar biasa karena melibatkan  umat islam sedunia, sekaligus sebagai muktamar alam islami. Pertemuan umat islam sedunia  pada dua even ( Haji dan  Umrah) inilah yang pantas di akui sebagai  keajaiban dunia. Betapa tidak ……? Bahwa dalam dua even ini  kita menyaksikan lompatan spritual  yang luar biasa  dalam lingkaran air mata kesadaran akan ke Maha Besaran Allah Swt di hadapan lautan  manusia yang serba lemah, kecil dan tidak ada apa-apanya. Subhanallah, bersyukurlillah wala haulawalla quwata illah billah, maha suci Allah dan segala Puji hanya untuk Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dariNya. Kebahagiaan yang dirasakan  sepertinya tidak bisa di ungkapkandalam bentuk redaksi kecuali dengan linangan air mata.

Jangan  pernah percaya dengan cerita orang dipinggir jalan bahwa haji dan umrah itu hanya membuat  Negeri saudi Arabia menjadi kaya raya. Itu omongan orang yang kurang waras atau memang tidak waras ingin merusak ibadah umat  islam            . Bahkan saya menenggarai itu adalah tendensius , politis dan strategi sesat. Maka satu-satunya solusi yang paling tepat  untuk menolak strategi sesat itu  adalah kita  ingin menjadi tamu Allah dalam haji dan umrah. Bahwa biaya perjalanan yang kita keluarkan itu pasti di ganti oleh Allah berlipat ganda dan itu lebih mahal harganya ketimbang biaya kita dalam perjalanan ibadah tersebut. Anda boleh mengatakan itu adalah sensasi, tapi rasakan dan rasakan ketika anda menjadi tamu  tamu Allah . Boleh jadi anda hanya bisa menangis mengenang kebesaran Allah Swt dalam dua negeri tersebut, dan anda ingin berkali-kali untuk mengunjunginya. Buat umat islam di Indonesia berhaji sudah masuk daftar tunggu yang cukup lama, maka umroh itu solusinya,  yang paling tepat untuk merasakan nikmatnya kita berada di negeri berjuta umat, dzikir dan do’a. Semoga Allah mengundang kita untuk mengunjunginya . Amin Ya Rabal Alamin.

 

Artikel

No Comments to “NEGERI BERJUTA UMAT, ZIKIR DAN DO’A”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*