Home » Artikel » MAN JADDA WAJADA, MAN SHARA WASHALA

MAN JADDA WAJADA, MAN SHARA WASHALA

24 January 2014

unduhan (4)Barang siapa yang bersungguh-sungguh akan dapat, barang siapa yang berjalan pasti sampai, begitulah arti bebas dari judul tulisan diatas.

Judul tersebut diatas kelihatannya sederhana, tetapi akan menjadi hasil yang luar biasa (spektakuler) kalau kita bisa melakukannya. Dikatakan demikian, karena fakta ritual, maupun sosial berupa kesuksesan moril maupun materil yang kita peroleh, karena hasil kesungguhan kita dalam perjalanan hingga meraihnya. Kenyataan ini menunjukkan bahwa tidak ada sesuatu kesuksesan tanpa usaha yang sungguh-sungguh dan menjalani kesungguhan tersebut hingga sampai pada cita-cita yang didambakan. Karenanya term “moro dadi, ujuk-ujuk ngadek dhewe”, jadi dengan sendirinya, berdiri tanpa ada yang mendirikan, sukses tanpa usaha, itu semuanya terlalu bombastik dan mematikan kreatifitas dan inovasi manusia untuk maju. Atau boleh dikatakan sebagai jargon yang memasung dan mematikan potensi hidup pada diri manusia itu sendiri. Oleh karena bersungguh dalam usaha dan memulai menjalani usaha tersebut menjadi satu kewajiban kita. Yaitu harus kita lakukan untuk mendapatkan kenyataan yang diharapkan. Sudah barang tentu kesungguhan dalam kebaikan melalui jalan tempuh yang baik dan benar pula, kendatipun banyak yang mendahului, menyimpang, bahkan berlawanan arah dalam meraih harapan mereka. Dan kita tidak perlu meniru apalagi tergiur dengan kesuksesan semu dan sesat itu, karena cepat atau lambat akan membakar diri kita juga.

Memang melalui jalan tol bebas hambatan dan cepat sampai pada tujuan itu baik, tetapi proses dan cara yang ditempuh lewat jalan tol tersebut ilegal, maka sampainyapun menjanjikan bahaya bagi pelakunya, dan itu pasti terjadi karena sudah salah saat input, lalu menjadi salah pada saat proses, sehingga melahirkan output yang salah pula. Dan biasanya sesuatu yang salah pasti mengandung penderitaan. Kalaupun mereka gembira menerima kesuksesan semu tersebut, itu hanya sesaat saja menunggu waktu datangnya penderitaan.

Berprinsip pada kesungguhan yang baik dan menjalani dengan benar, pasti sampai pada tujuan yang baik dan benar pula. Itulah kesuksesan yang didalamnya ada berkah dan kebahagiaan. Dan itulah hakikatnya yang harus dan terus kita cari hingga mendapatkannya. Karena, bagaimanapun juga berkah dan bahagia itu menjadi kebutuhan mutlak diperlukan oleh kita semua, tanpa kecuali. Bukankah hari-hari dalam kehidupan kita suka melantunkan do’a sapu jagat; “Rabbana atina fi al dun-ya hasanah, wafil al akhirat al hasanah, wa gina azab al-nar” (baca QS: Albaqarah: 201). Do’a ini akan menjadi kenyataan kalau kita berusaha dengan sungguh-sungguh dan menjalaninya sungguh-sungguh pula sehingga pasti sampai pada tujuannya. Hanya saja sangat disayangkan kenapatidak semua manusia menerima dan menjalaninya? Atau mereka memang tidak suka dengan jalan-jalan tersebut? Ya, hanya mereka dan Allah sajalah yang tahu, tetapi pastikan bahwa menolak jalan yang diperintahkanNya dan menjalani yang dilarang-Nya, ujung-ujungnya adalah penderitaan. Jadi, man jadda wajada itu artinya bersungguh-sungguh dalam usaha yang baik, niscaya akan mendapatkannya, man shara washala artinya berjalan pada jalan yang benar maka akan sampai pada tujuan. Dan ini tidak cukup dengan sekedar berwacana tanpa bukti, harus melalui aksi (action) secara nyata pula.

Kesungguhan seperti inilah yang diharapkan untuk mencapai tujuan sebagaimana firmanNya: “Dan orang yang bersungguh-sungguh (berjihad) untuk mencari (keridhaan) kami, benar-benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat” (QS: Al-Ankabut: 69). Ayat tersebut sesungguhnya Allah Swt memberi jaminan atas kesungguhan manusia dalam berbuat sehingga mendapat jalan sampainya. Karenanya jangan pernah ragu dengan jaminan ini, tugas kita adalah melakukan suatu kebaikan/menjalaninya dengan sungguh-sungguh, pasti sampai. Insya Allah.

Artikel

No Comments to “MAN JADDA WAJADA, MAN SHARA WASHALA”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*